test

Blog Page Title

Cara Mengaplikasikan Epoxy Lantai

cara mengaplikasikan epoxy

Epoxy lantai sering digunakan untuk lantai-lantai industri terutama industri yang memerlukan Gudang untuk melakukan stok barang, hal ini dikarenakan lantai yang telah dilapisi dengan epoxy akan lebih tahan lama, memberikan perlindungan terhadap retak dan juga membuat lantai anti slip karena hal tersebut banyak perusahaan yang menggunakan jasa epoxy lantai.

Namun pelapisan lantai menggunakan epoxy tidak hanya digunakan oleh industri saja, lantai rumahpun dapat menggunakannya  karena dengan melapiskan lantai menggunakan epoxy lantai rumah akan menjadi lebih indah karena lantai yang dilapisi epoxy dapat memberikan kesan mengkilap, pengaplikasiannya pun mudah dan tidak membutuhkan perawatan ekstra.

 

Jika kamu tertarik untuk melapisi lantaimu menggunakan epoxy namun tak ingin menggunakan jasa epoxy lantai dan ingin mengaplikasikan sendiri maka kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

 

  • Bersihkan

Sebelum memberikan lapisan kepada lantai, lantai sebaiknya dalam keadaan yang benar-benar bersih dan lantai juga tidak boleh dipoles terlebih dahulu karena epoxy memerlukan permukaan yang memiliki pori-pori agar dapat menempel dengan baik terhadap permukaan.

 

  • Tambal Lantai yang Retak

Lantai yang ingin dilapisi dengan epoxy haruslah mulus tanpa adanya retakan dan lobang, jika ada lobang dan retakan sebaiknya tunda pengerjaan pelapisan epoxy sampai lantai sudah menjadi mulus.

 

  • Tes Dahulu

Jika permukaan lantai sudah lama maka sebelum melakukan pelapisan epoxy, sebaiknya kamu melakukan tes kecil untuk mengetahui apa ada lapisan/produk lainnya yang telah dipasang di lantai ini.

Tes dilakukan dengan menumpahkan sedikit air ke lantai, jika air yang telah ditumpahkan tidak meresap ke dalam lantai maka lantai telah dilapisi dengan “sealant” sehingga pori-pori di lantai telah tertutup, namun jika air meresap maka lantai ini belom dilapisi dengan produk “sealant” sehingga dapat dilapisi dengan epoxy.

 

  • Cek Suhu Ruangan

Sebelum menerapkan pada lantai perhatikan apa saja aturan-aturan pabrik yang diberikan pada kemasan epoxy. Salah satu hal yang paling krusial adalah suhu ruangan, suhu ruangan yang tidak baik dapat membuat epoxy mengelupas dan menggelembung sehingga hasil akhir tidak akan menjadi baik.

Epoxy dibuat dengan cara mencampurkan 2 cairan sebelum di aplikasikan ke lantai, setelah 2 cairan tersebut dicampur sebaiknya kamu langsung mengaplikasikannya ke lantai karena jika terlalu lama (biasanya 40 menit) epoxy akan mengeras sebelum sempurna diaplikasikan ke lantai.

 

Persiapan mengaplikasikan epoxy

Setelah lantai siap untuk dilapisi dengan epoxy maka siapkan roller cat yang memiliki gagang yang cukup Panjang, lalu pilih tipe epoxy yang ingin kamu gunakan (water based and solvent based) perbedaan kedua tipe tersebut adalah dari hasil akhirnya dan “bahaya yang diberikan”.

Water based epoxy memberikan hasil akhir warna yang transparan dan tidak memberikan uap yang berbahaya ketika pengaplikasannya sedangkan solvent based epoxy dapat memberikan warna namun dapat memberikan uap yang berbahaya namun kedua produk tersebut biasanya mengandung 40-60 persen epoxy padat, semakin besar persentasenya maka semakin mahal harga epoxy lantai nya.

Persiapkan Epoxy primer, tergantung pada produknya, ada produk yang membutuhkan epoxy primer dan ada juga yang tidak. Fungsi Epoxy primer adalah untuk memberikan dasar/base untuk ditempelkan kepada epoxy dan juga epoxy primer berfungsi untuk menghilangkan “cacat” yang ada pada lantai.

Gunakan alat keselamatan, seperti masker, kacamata, sepatu boot agar terlindung dari kejadian yang tidak diinginkan. Juga matikan listrik dan sebaiknya kosongkan ruangan dari hewan peliharaan agar tidak mengganggu jalannya pengaplikasian epoxy di lantai.

 

Cara mengaplikasikan epoxy

 

  • Terapkan Epoxy Primer (Jika Menggunakan)

Jika menggunakan epoxy primer maka terapkan dahulu ke lantai dengan menggunakan roller cat yang bergagang Panjang, mulailah dari ujung belakang lanjutkan hingga ke tempat keluar (bayangkan saja kamu sedang mengepel lantai), cara mengaplikasikannya adalah dengan mencelupkan roller cat ke ember epoxy primer lalu lapiskan tipis-tipis ke lantai.

Hal yang perlu di perhatikan :

  • Jangan sampai roller terlalu kering
  • Setelah selesai biarkan selama 24 jam
  • Ventilasi udara harus dapat mengalir dengan baik

 

  • Campurkan Epoxy (tahap pertama)

Epoxy terdiri dari 2 bagian yang harus di campurkan tepat sebelum diaplikasikan ke lantai, kamu dapat mencampurkan kedua cairan tersebut menggunakan bor lalu cairan yang sudah dicampurkan dipisahkan ke ember baru.

 

  • Terapkan lapisan pertama epoxy

Masukkan roller cat ke ember yang berisi lapisan pertama epoxy tadi lalu terapkan tipis-tipis dan merata pada lantai, mulailah dari ujung belakang lanjutkan hingga ke tempat keluar (bayangkan saja kamu sedang mengepel lantai) setelah diaplikasikan secara merata lalu biarkan lapisan epoxy mengering selam 24 jam

 

  • Campurkan Lapisan Epoxy dengan Produk lapisan akhir (tahap kedua)

Campurkan epoxy dengan produk “lapisan” finishing kamu dengan menggunakan bor lalu aplikasikan seperti tahap sebelumnya (lakukan seperti mengepel) dan biarkan selama 24 jam.

 

Selesai sudah artikel mengenai cara mengaplikasikan epoxy lantai jika kamu ingin melakukannya sendiri walaupun harga epoxy lantai akan menjadi murah jika dilakukan sendiri namun ada baiknya kamu menggunakan tenaga para ahli dengan menggunakan jasa epoxy lantai sehingga hasilnya akan terjamin 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *